2.936 Peserta SBMPTN Lulus Masuk Universitas Andalas, Ini 5 Prodi dengan Peminat Terbanyak

2.936 Peserta SBMPTN Lulus Masuk Universitas Andalas, Ini 5 Prodi dengan Peminat Terbanyak

Sedang Trending 3 bulan yang lalu 19

RanahSuara.id – Sebanyak 2.936 calon mahasiswa baru lulus di Universitas Andalas (Unand) malayari rute Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Sementara itu kuantitas peserta yang mendaftar masuk ke Unand malayari rute SBMPTN mencapai 34.782 orang.

Wakil Rektor I Unand Mansyurdin mengatakan, kuantitas peserta yang mendaftar tahun ini lebih banyak dibanding 2021 lalu

“Jumlah peserta yang mendaftar di tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun lampau yang hanya mencapai 32.541 orang,” ujar Mansyurdin  di Ruang Kerjanya Gedung Rektorat Lantai I Kampus Unand, Kamis (23/6/2022).

Baca Juga: Anjlok Rp 7.000, Cek Deretan Harga Emas Antam Jelang Akhir Pekan

Ia menambahkan, bahwa ada lima acara studi (prodi) dengan peminat terbanyak yang mendaftar di Unand.

Yaitu, Prodi Pendidikan Dokter (Kedokteran), Farmasi (Farmasi), Ilmu Hukum (Hukum), Managemen (Fakultas Ekonomi dan Bisnis), dan Kesehatan Masyarakat (FKM).

Mansyurdin mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung menjadi keluarga besar Universitas Andalas bagi peserta yang lulus.

“Bagi yang belum lulus tidak patah semangat, karena SBMPTN enggak satu-satunya rute buat masuk ke perguruan tinggi, tetap ada kesempatan belajar di Universitas Andalas malayari rute SIMA,” beber Mansyurdin .

Untuk rute SIMA ini terangnya, ada lima rute yang dibuka dan akan menampung sampai-sampai 2.849 mahasiswa baru alias setara 40 persen kapasitas penerimaan tahun ini.

Baca Juga: Sampai Kapan Pembatasan Usia 65 Tahun bagi Jamaah Haji? Ini Kata Dubes RI di Arab Saudi

Staf pakar bidang akademik Syofyan mengatakan, SIMA ini terbagi lima rute merupakan SIMA Prestasi, Kerja Sama, Disabilitas, Akademik, dan Internasional.

Ia menjelaskan, bahwa SIMA Akademik ini terbagi dua merupakan SIMA Akademik Nilai Ujian dan SIMA Akademik UTBK.

“Bagi Siswa Lulusan 2020, 2021 dan 2022 yang tak mempunyai angka UTBK dan seperti kurang percaya dengan buatan angka UTBKnya dapat mengikuti seleksi rute ini,” kata Mansyurdin.

Kemudian, penyelenggaraan SIMA Akademik Nilai Ujian ini sama seperti penyelenggaraan UTBK yang diselenggarakan buat LTMPT.

“Penyelenggaraan SIMA ini pula setelah dikerjasamakan dengan pihak LTMPT dan pula akan diawasi langsung,” ujar Mansyurdin.

Syofyan mengatakan, penyelenggaraan SIMA Akademik Nilai Ujian ini akan dilaksanakan di kampus Unand pada 27-28 Juni 2022 mendatang.

Sementara itu, buat pengumuman buatan akan diumumkan pada 6 Juli 2022, dan pendaftaran ulang pada 8 – 15 Juli 2022.

“Untuk SIMA Akademik Nilai UTBK pendaftarannya baru akan dibuka setelah pengumuman buatan UTBK diumumkan buat LTMPT merupakan pada tanggal 28 Juni 2022,” kata Mansyurdin.

Ia menambahkan, bagi mahasiswa yang mau mengetahui informasi terkait penerimaan mahasiswa dapat mengunjunggi laman https://pmb.unand.ac.id alias pula becus dengan mengikuti media social formalsah Universitas Andalas cantik Instagram, Facebook, dan Twitter merupakan @unandofficial.

Diketahui, buatan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) telah diumumkan pada Kamis (23/6/2022) pukul 15.00 WIB malayari laman https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id dan pula becus malayari laman https://sbmptn.unand.ac.id.

Selengkapnya