5 Daerah di Indonesia yang Pernah Diklaim Malaysia

5 Daerah di Indonesia yang Pernah Diklaim Malaysia

Sedang Trending 3 bulan yang lalu 25

Suara.com - Malaysia memang layak sering mengklaim beberapa keadaan milik Indonesia. Mulai dari kebiasaan sampai-sampai daerah yang letaknya memang berada perbatasan antara dua negara itu.

Lantas, daerah mana saja di Indonesia yang pernah diklaim Malaysia? Berikut daftar selengkapnya yang sukses suara.com rangkum.

1. Pulau Ligitan

Pulau dengan keindahan kediaman serta menjadi kediaman berbagai penyu ini jatuh ke tangan Malaysia setelah diputuskan dalam sidang Mahkamah Internasional. 

Baca Juga: Isi Klarifikasi Mahathir Mohamad Soal Klaim Kepulauan Riau dan Singapura

Malaysia dianggap telah melakukan upaya konservasi dan kepengurusan administrasi terhadap Ligitan, ketimbang Indonesia yang hanya membawa angka sejarah kawasan itu.

2. Pulau Sebatik

Polemik batas negara Indonesia dengan Malaysia di Pulau Sebatik Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara pula sempat menjadi permasalahan yang panjang.

Namun, Kepala Pusat Pemetaan Batas Wilayah Badan Informasi Geospasial (BIG) Ade Komara Mulyana mengatakan Indonesia dan Malaysia sepakat menyelesaikan Outstanding Boundary Problem (OBP) di Pulau Sebatik pada tahun 2019 lalu.

Di daerah Pulau Sebatik ditemukan sejumlah patok perbatasan yang memasuki daerah Indonesia diperkirakan mencapai 84 hektar.

Baca Juga: Mengenal Kepulauan Riau, Wilayah yang Diklaim Mahathir Mohamad Milik Malaysia

Sementara itu, sejumlah patok di Desa Kionokod dan Sumantipal di Kecamatan Lumbis Ogong ditemukan berada di daerah Malaysia.

Selengkapnya