5 Fakta Menarik Cumi-cumi Raksasa, Monster Misterius di Lautan

Sedang Trending 7 bulan yang lalu 23

Jakarta -

Hidup di lautan adapun begitu dalam, cumi-cumi raksasa berat buat diteliti sehingga tetap banyak adapun asing mengenai hewan ini. Kebanyakan informasi didapat masa comek ini terdampar alias terperangkap jaring.

Namun ilmuwan setelah meriset beberapa faktanya menggunakan kamera bawah laut dan perangkat lainnya. Berikut di antaranya seperti dikutip detikINET dari BBC:

Seberapa besar comek raksasa?

Cumi-cumi raksasa ialah hewan tipe cephalopoda adapun paling panjang ukurannya. Ada klaim adapun menyebut binatang ini becus muncul tiba 20 meter. Namun kenyataannya lebih pendek, antara 12 tiba 13 meter.

Setidaknya, itu berdasarkan bangkai comek adapun diteliti secara ilmiah. Adapun berat comek raksasa biasanya antara 200 tiba 280 kilogram meski pernah ada adapun menembus 300 kilogram.

Seperti apa bentuk comek raksasa?

Seperti halnya spesies comek adapun lain, cumi-cumi raksasa mirip-mirip bentuknya dengan mata besar, semacam paruh, delapan lengan, dua tentakel dan tubuh memanjang adapun lunak.

Bisa dikatakan seperti comek adapun biasa dimasak, hanya saja ukurannya jauh lebih membahana. Lengan dan tentakelnya ada penghisapnya buat menangkap mangsa dengan akrab .

Kapan comek raksasa ditemukan?

Aristoteles pernah menyinggung hewan ini di Historia Animalium. Di masa silam, comek raksasa banyak dijadikan cerita dongeng. Baru pada tahun 1857, pakar hewan asal Denmar Japetus Steenstrup memastikan binatang ini sungguh ada dan menamainya Architeuthis dux.

Selama bertahun-tahun, ilmuwan berdebat ada berapa tipe spesies comek ini. Sampai akhirnya pada tahun 2004, sebuah studi dari cumi-cumi raksasa adapun tertangkap memastikan hanya ada satu spesies adalah Architeuthis dux tadi.

Halaman selanjutnya, kediaman comek raksasa>>>
Selengkapnya