5 PTN Jalur Mandiri yang Masih Buka: Jadwal, Persyaratan dan Link Pendaftaran

5 PTN Jalur Mandiri yang Masih Buka: Jadwal, Persyaratan dan Link Pendaftaran

Sedang Trending 3 bulan yang lalu 18

Suara.com - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengumumkan buatan UTBK-SBMPTN 2022 pada Kamis (23/6/2022) pukul 15.00 WIB kemarin. Jumlah peserta yang terlepas SBMPTN 2022 ada 192.810 calon mahasiswa dari 745.142 peserta yang memenuhi persyaratan mengikuti tes. Bagi peserta yang tak terlepas tak perlu berkecil hati, karena tetap ada beberapa PTN rute mandiri yang tetap sibak pendaftaran.

Bagi peserta yang dinyatakan terlepas UTBK dapat segera melakukan daftar ulang ke PTN penerima. Namun bagi peserta yang tak lolos, tidak berkecil hati karena tetap ada banyak PTN jalur mandiri bagi calon mahasiswanya.

Pendaftaran PTN rute berdikari dilakukan buat masing-masing perguruan tinggi negeri di Indonesia. Lalu mana saja PTN yang membuka rute berdikari 2022? Suara.com telah merangkum beberapa PTN di Indonesia yang telah membuka seleksi rute mandiri.

PTN Jalur Mandiri

Baca Juga: Cara Melihat Skor UTBK-SBMPTN 2022: Penting buat Calon Mahasiswa

1. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia (UI) akan membuka rute berdikari malayari SIMAK UI buat acara Vokasi, Sarjana (S1) dan paralel. Daya tampung yang tersedia buat calon mahasiswa malayari SIMAK UI sebanyak 2.772 kursi.

Pendaftaran SIMAK UI 2022 dibuka sejak 24 Mei - 27 Juni 2022. Sementara itu buat testing dilaksanakan pada 2 Juli - 4 Juli 2022 mendatang. Informasi selengkapnya dapat diakses malayari https://penerimaan.ui.ac.id/. 

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung (ITB) membuka rute Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) buat acara sarjana. Pendaftaran SM-ITB dibuka sejak tanggal 6 Juni - 29 Juni 2022. Seleksi berdikari ini menggunakan penilaian buatan UTBK dan angka rapor. 

Baca Juga: Ini Pendaftaran Jalur Mandiri yang Masih Buka, Jangan Khawatir Tak Lolos SBMPTN 2022

Peserta SM-ITB dapat memilih 3 pilihan fakultas/sekolah/program studi yang ditawarkan. Bagi peserta pendaftar Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) akan ada Tes Kemampuan Seni Rupa yang diselenggarakan secara offline (luring). Informasi selengkapnya dapat diakses malayari https://admission.itb.ac.id/home/sarjana/mandiri.

Selengkapnya