7 Fakta Planet Jupiter dan Mengapa Bisa Jadi Planet Terbesar di Tata Surya

Sedang Trending 7 bulan yang lalu 29

Suara.com - Jupiter merupakan salah satu planet yang terdapat di tata surya. Jupiter menjadi planet gas yang di dalamnya ada berbagai macam badai, terlebih pada lapisan atmosfernya.

Letak planet Jupiter berada di antara Mars dan Saturnus dan menjadi planet kelima yang terdekat dari Matahari. Jupiter diketahui diambil dari identitas dewa Jupiter dalam mitologi Romawi.

Planet Jupiter mempunyai macam - macam macam alasan yang menarik buat dibahas dan berikut ketujuh daftarnya.

1. Planet Terbesar di Tata Surya

Baca Juga: Penampakan Fenomena Planet Sejajar di Langit Bekasi Tadi Subuh, Publik: Planet Terlihat di Kota Planet

Jupiter menjadi planet terbesar dalam tata surya dengan diameter mencapai 142.984 kilometer. Ukuran itu sama dengan 11 adam yang dijadikan satu.

Dikutip dari Nasa Solar System Exploration, takaran Jupiter dua kali lebih besar dari penggabungan tujuh planet yang ada di tata surya.

Ukuran yang sangat besar setelah dikatakan  membuat planet ini becus dilihat dari adam meski letaknya berjauhan. Jupiter pula dapat terlihat seperti bintang karena merupakan planet paling terang kedua setelah Venus.

2. Hari-Hari di Jupiter Paling Pendek

Di antara planet-planet lain yang ada di tata surya, Jupiter mempunyai hari yang paling pendek, merupakan hanya 9 tandawaktu--dindingjamtembok--tanganarloji 55 menit 30 detik masa adam .

Baca Juga: 5 Planet akan Sejajar dengan Bulan 24 Juni, Bagaimana Cara Menyaksikanya?

Bisa disimpulkan bahwa satu hari di Jupiter sama dengan separuh hari di adam . Hal setelah dikatakan dikarenakan Jupiter mempunyai kecepatan orientasi sebesar 12,6 kilometer per detik.

Selengkapnya