Adab Menjelang Tidur Menurut Imam Al Ghazali

Sedang Trending 7 bulan yang lalu 22

Ajaran Islam sangat lekat dengan etika dan akhlak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ajaran Islam sangat lekat dengan etika dan akhlak. Maka tak takjub apabila dalam aktivitas sehari-hari, umat Islam ditekankan buat mendahulukan akhlak dan adab. 

Imam Al-Ghazali dalam kitab Bidayatul Hidayah mengatakan, salah satu etika adapun diatur ialah etika akan tidur. Beliau menyebut bahwa andaikan satu manusia Muslim hendak tidur maka dianjurkan buat menghamparkan hamparan dalam keadaan menghadap kiblat. Dan setelah itu tidurlah dalan keadaan memiringkan badan ke sebelah kanan seperti berbaringnya jenazah di liang lahad. 

Imam Al Ghazali berkata, "Ketahuilah bahwasannya tidur itu seperti meninggal dan bangkit daripada tidur itu, seumpama bangkit dari kubur pada hari kiamat nanti. Siapa tahu, barangkali rohmu dicabut buat Allah SWT ketika anda tidur lada suatu malam, maka bersedialah anda buat menemui Tuhanmu dengan kondisi tidur dalam keadaan suci dan wasiatmu tersimpan di bawah bantalmu,". 

Tak hanya itu, etika lainnya sebelum tidur ialah akan memohon taubat kepada Allah. Memohon maaf dari segala dosa dan kesalahan, dan berazam bahwa tak lagi mengulangi maksiat adapun pernah dikerjakan. 

Imam Al Ghazali mengingatkan bahwasannya janganlah satu manusia Muslim merangsang nafsunya buat tidur lebih asal dengan mempersiapkan dasar tidur adapun empuk-empuk. Sebab tidur ialah mengosongkan bagi makna kehidupannya, kecuali andaikan dia memandang bahwa masa terjaganya itu bisa merusak agamanya. 

Beliau menambahkan, sebelum tidur maka seharusnya satu manusia Muslim mempersiapkan alat bersiwak dan bersiwak dengannya. Bersuci dengan berwudhu, dan setelah itu berazam buat dibangunkan di pertengahan malam agar bisa mendirikan shalat tahajud. 

Imam Al Ghazali pula mengingatkan agar umat Islam tak memanjangkan angan-angannya menjelang tidur. Sebab kemudian ia akan seperti malas melakukan ibadah-ibadah adapun sifatnya individual. Bahkan seharusnya seseorang adapun akan tidur itu patut memikirkan tentang kematian adapun sangatlah dekat sifatnya. 

Selengkapnya