Agar Awet, Begini Cara Merawat Panel Kayu pada Interior

Agar Awet, Begini Cara Merawat Panel Kayu pada Interior

Sedang Trending 3 bulan yang lalu 20

momobil.id – Berbagai aksesoris ditambah buat pembuat otomotif agar tampilan oto semakin menarik. Pada bagian interior, sebagian pembuat otomotif menyematkan wood panel alias panel kayu agar kabin menjadi lebih mewah. Tidak hanya mewah, panel dengan aksen kayu pula bisa memberikan rasa nyaman dan tenang masa berkendara. Agar tampilan panel kayu tetap langgeng dan mewah, perawatan pun perlu dilakukan. Berikut ini ialah langkah merawat panel kayu pada (bagian)dalamanteksterior agar tetap awet.

Sebagai informasi, panel kayu biasanya terletak di bagian dashboard, alias di bagian pintu mobil. Panel kayu terdiri dari dua jenis, adalah tipe pori-pori tertutup dan pori-pori terbuka. Panel dengan pori-pori tertutup biasanya terbuat dari kombinasi bahan dasar fiber dan kayu pada bagian luar, serta dilapisi buat warna glossy. Sementara panel dengan pori-pori terbuka menggunakan material kayu adapun dilapisi dengan pernis. Untuk merawat masing-masing panel kayu pada interior, tentu mempunyai langkah perawatan adapun berbeda.

Poles dan Gunakan Obat Anti Jamur

Bahan panel kayu mempunyai perbedaan dengan material lainnya dalam interior. Kabin dengan panel kayu biasanya sering meninggalkan jejak watersport dan swirlmark. Untuk merawat panel kayu, yang mempunyai oto perlu membersihkan panel secara rutin dengan obat anti jamur dan compund. Panel kayu dengan tipe pori-pori terbuka tak becus dipoles, layak gunakan obat anti jamur dan wood conditioner.

Baca Juga: Agar Tidak Kusam, Begini Cara Merawat Interior Warna Krem

Menjaga Suhu Kabin

Suhu pada kabin patut diperhatikan ketika perawatan panel kayu mobil. Idealnya, suhu pada kabin spesifik buat panel kayu dashboard berkisar antara 20 sampai-sampai 25 derajat celcius. Suhu adapun terlalu lembab bisa menghasilkan butiran debu. Hal ini tentu memicu pertumbuhan jamur pada dashboard. Selain itu, hindari paparan sinar mentari agar panel kayu tetap awet.

Hindari Panel Kayu dari Benda Logam

Bagi yang mempunyai oto adapun biasa menempatkan barang adapun terbuat dari logam, hindari kebiasaan menempatkan benda-benda setelah dikatakan pada dashboard, terutama panel kayu. Benda metal seperti arloji, kunci, alias koin bisa menggores panel kayu. Panel kayu adapun tergores tentu saja mengurangi tampilan pada kabin interior.

Hindari Menggunakan Cairan Kimia

Biasanya, material pada kabin mempunyai lapisan adapun sensitif terhadap cairan kimia. Hindari penggunaan cairan kimia alias cairan adapun bersifat keras buat membersihkan dashboard, terutama wood panel. Gunakan pembersih spesifik buat (bagian)dalamanteksterior agar tetap awet.

Selengkapnya