CEK FAKTA: Viral Video Polisi Tilang Motor Disebut Baru Keluar dari Dealer, Ternyata Begini Kejadian Sebenarnya

Sedang Trending 5 bulan yang lalu 18

Suara.com - Warga bumi maya dibuat geger dengan beredarnya film pengendara sepeda motor yang ditilang polisi lampau rute di depan dealer.

Narasi yang beredar menyebut polisi menilang pengendara itu setelah mereka keluar dari dealer. Perdebatan pun tak becus dicegah, pemotor dan polisi itu saling menegur satu sama lain seperti yang terlihat di video.

"Ini posisinya udah di dealer, Pak, enggak di jalan," tutur pemuda pengendara sepeda motor itu dengan bunyi tinggi, dikutip Suara.com pada Jumat (24/6/2022).

Polisi di hadapannya pun mencoba menanggapi dengan tenang situasi tersebut, meski setelahnya terdengar teriakan tak terima dari wanita yang diduga ialah rekan pengendara sepeda motor tersebut.

Baca Juga: Viral Detik-detik Anggota Polantas Digerebek Warga karena Diduga Selingkuh dengan Istri Rekan Sendiri

"Gak becus dong, Pak!" serunya, meski lagi-lagi tak mendapat respons dari polisi. Justru petugas itu konsentrasi buat lanjut memegangi sepeda motor yang setelah ia ambil alih, sembari sesekali berbicara dengan rekannya menggunakan walkie talkie.

Video yang awalnya diunggah buat akun TikTok @fendimobile75 ini pun menjadi sorotan banyak pihak. Publik dibuat ikut panas memandang polisi yang diduga telah menilang sepeda motor yang bahkan baru keluar dari dealer, sebagaimana deskripsi yang beredar.

Video yang belakangan terungkap direkam di depan sebuah dealer Kawasaki di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Bandar Lampung itu pun menjadi semakin viral setelah diedarkan di berbagai garishaluan media sosial.

Namun kekinian terungkap pula bahwa kejadian sebenarnya berbeda dengan apa yang ditampilkan di media sosial. Seperti apa klarifikasinya?

Kronologi Kejadian Sebenarnya

Baca Juga: Begini Penjelasan Dandim 0507/Bekasi Soal Viral Dugaan Prajurit TNI Dikeroyok Anggota Ormas

Melansir akun Instagram @terangmedia, sepeda motor itu memang benar-benar ditilang karena pelanggaran, termasuk knalpotnya yang dimodifikasi alias knalpot blong.

Namun Kanit Patroli Satlantas Polresta Bandar Lampung, Ipda Tajudin, menyatakan bahwa sepeda motor itu enggak ditilang saat berada di depan dealer Kawasaki.

Pasalnya polisi setelah menyadari pelanggaran setelah dikatakan sejak di jalan, tetapi baru becus terkejar ketika si pengendara sepeda motor masuk kekawasan dealer Kawasaki.

"Dia masuk ke dealer Kawasaki, langsung disetop buat personil saya karena knalpot blong, langsung disetop, dijelaskan, dan ditilang," jelas Tajudin, Kamis (23/6/2022).

Pengendara Sepeda Motor Justru Membuat Video Viral

Namun bukannya menurut bimbingan polisi, pengendara sepeda motor itu bersama rekannya malah bersikap tak kooperatif. Termasuk dengan membikin film yang setelah dipotong dan kemudian diviralkan di TikTok.

"Tapi mereka tak kooperatif, mereka membikin film sendiri dan mengirimkan ke medsos dan terpotong," kata Tajudin.

"Kami Satlantas Polresta Bandar Lampung seperti sangat dirugikan (dengan viralnya film di TikTok)," sambungnya.

Meski begitu, saat ini kendaraan terkait setelah diamankan pihak kepolisian, sementara pengendara sepeda motornya pula telah diminta memberikan penjelasan kepada Propam Polresta Bandar Lampung.

Warganet Beri Tanggapan Begini

Klarifikasi dari Satlantas Polresta Bandar Lampung ini mendapat macam - macam respons dari warganet. Kebanyakan ikut mengkritik pengendara sepeda motor dan rekannya yang seolah sengaja menyebarkan info kurang benar di media sosial.

"Sejak asal narasinya udh aneh sih..di dealer trus di tilang. Fitnah, saya dukung pak pol tuntut manusia ini," komentar warganet.

"Mulai sekarang kalo liat vidio yang sekilas-sekilas gitu tidak dulu komen negatif banyak rekayasa demi viral ye kan..." kata warganet.

"Sudah salah, menggiring impresi lagi, tidak hanya permintaan maaf patut tanggung balas karena bikin fitnah," tegas warganet lain.

"Oalaaahhh film nya di edit. Udah kesel aja saya sama polisi nya. Dasar knalpot !" imbuh warganet.

"Gak mesti dikasih lagi motornya sekalian, kurang ajar emang yang giring orang-orang selesai mitnah ..." timpal yang lainnya.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, tetapi tak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena tetap ada kekuatan salah informasi). Lebih komplet mengenai konten Cek Fakta becus dibaca di laman ini. Pembaca (publik) pula dipersilakan memberi komentar/kritik, cantik malayari kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, alias menyampaikan isu/klaim yang burung(cak) diverifikasi alias diperiksa faktanya malayari email cekfakta@suara.com.

Selengkapnya