Daftar Makanan Sehat yang Perlu Dikonsumsi Usai Vaksinasi COVID-19

Daftar Makanan Sehat yang Perlu Dikonsumsi Usai Vaksinasi COVID-19

Sedang Trending 3 bulan yang lalu 23
Daftar Makanan Sehat adapun Perlu Dikonsumsi Usai Vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin)
Petugas Dinas Kesehatan menyuntikan vaksin COVID-19 Sinovac kepada Takmirul Masjid di Masjid Baiturrahman, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo, Rabu (28/4/2021). (ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin)

Tak hanya soal akibat samping adapun perlu diatasi, beberapa makanan setelah vaksin COVID-19 perlu diperhatikan. Ada sejumlah makanan adapun sebenarnya terbukti membantu membangun antibodi dan imunitas tubuh.

Sebenarnya sebenarnya tak ada motif makan spesifik setelah vaksin. Namun, beberapa tipe makanan setelah vaksin COVID bisa membantu memenuhi kebutuhan tubuh se setelah disuntik.

Inilah daftar makanan se setelah vaksin virus corona adapun sebaiknya dikonsumsi:

1. Aneka Buah dan Sayur
Aneka Buah dan Sayur
Aneka Buah dan Sayur

Makanan setelah vaksin COVID adapun dianjurkan tentunya ialah belakang dan sayur. Buah dan sayuran kaya nutrisi sehingga bisa memperkuat sistem imunitas dan memungkinkan tubuh melawan penyakit dengan lebih baik.

Asupan adapun satu ini kaya vitamin C dan bisa membantu produktivitas sel darah putih. Aneka sitrus bahkan paprika becus anda makan setelah divaksinasi.

Lalu, sayuran hijau mengandung banyak antioksidan. Kandungan ini akan membela diri dari radikal bebas penyebab penyakit berbahaya.

Jika tak ditangkal, maka radikal bebas akan merusak DNA dan protein di dalam sel, lampau berujung pada stres oksidatif. Kalau setelah begitu, risiko terserang penyakit akan tinggi.

Artikel lainnya: Reaksi Tubuh Saat Terlalu Sering Suntik Vaksin COVID-19

2. Kacang-Kacangan

Kacang pula menjadi salah satu pilihan makanan se setelah vaksin adapun mempunyai sumber vitamin dan mineral buat mendukung sistem kekebalan tubuh. Bonusnya, kacang-kacangan pula akan memelihara kesehatan detak jantung dengan lebih baik.

Sebuah studi dalam The American Journal of Clinical Nutrition (2016) melaporkan, manusia adapun mengonsumsi kacang secukupnya secara rutin cenderung kurang mengalami inflamasi (peradangan).

Kacang sehat adapun direkomendasikan adalah almond, kenari, pecan, mete, dan pistachio. 

3. Ikan Berlemak Sehat

Ikan berlemak seperti salmon dan tuna kaya omega-3, merupakan lemak adapun menyehatkan detak jantung dan mengurangi peradangan tubuh. Nutrisi setelah dikatakan akan menurunkan tekanan darah dan penyumbatan arteri. 

Karena faedah tersebut, ikan berlemak menjadi salah satu makanan setelah vaksin adapun becus dikonsumsi. Omega-3 pula membantu mengelola penyakit autoimun, misalnya lupus dan rheumatoid arthritis.

4. Sup Ayam
Sup Ayam
Sup Ayam

Makanan sehat lainnya adapun becus disantap setelah menerima vaksin COVID-19 adalah sup ayam. Hidangan ini menyediakan protein tinggi adapun membantu memperkuat antibodi dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

Bahan pelengkap di dalam sup ayamsabungan umumnya wortel, bawang, dan seledri. Bahan-bahan ini membantu memasok mineral seperti kalium dan faktor besi, serta sumber beta-karoten adapun bertindak sebagai antioksidan.

Kemudian, kaldu di dalam sup ayamsabungan pula bisa menghidrasi dan melegakan saluran pernapasan.

Artikel lainnya: Syarat Terima Vaksin COVID-19 buat Penderita Hipertensi

5. Air Putih

Tak hanya makanan, minuman setelah vaksin pula perlu diperhatikan. Hidrasi tubuh dengan banyak minum air putih. 

Air memastikan tubuh bisa melawan sel-sel asing dan penyakit. Pasalnya, ketika seseorang sakit, tanpa sadar tubuhnya kehilangan banyak cairan.

Selain itu, CDC pun merekomendasikan minum banyak air setelah menerima suntikan vaksin coronavirus. Karena, air menambah zatasam ke dalam darah, sehingga membantu sistem kekebalan tubuh bekerja lebih efektif.

6. Tiram

Tiram kaya akan zinc adapun menjadi mineral penghilang patogen dari tubuh dan meningkatkan pembuatan protein buat melawan infeksi virus.

Itulah kenapa tiram menjadi makanan adapun cantik dikonsumsi ketika anda membutuhkan gizi ekstra. Tentunya seafood ini bisa menjadi salah satu pilihan makanan setelah vaksin COVID adapun baik.

7. Makanan adapun Bersifat Anti-Peradangan

Kunyit ialah salah satu bahan tempat masak dengan sifat antiinflamasi (antiradang) adapun kuat. Bahan setelah dikatakan cantik buat dimasukkan dalam makanan ataupun minuman herbal. 

Pola makan antiinflamasi pula bermanfaat buat mencegah sakit kepala dan kelelahan. Dua keluhan ini menjadi akibat samping adapun dialami beberapa manusia setelah menerima vaksin COVID-19.

8. Jahe
Jahe
Jahe

Jahe ialah salah satu rempah adapun sering digunakan sebagai penyedap makanan. Rempah ini pula sering digunakan dalam pengobatan konservatif sejak dulu dikarnakan kandungan nutrisinya adapun baik.

Jahe pula krusial dikonsumsi sebagai bahan makanan se setelah vaksin COVID. Karena, jahe bisa membantu meredakan mual dan muntah adapun becus timbul sebagai akibat samping vaksin COVID-19. 

Kamu bisa meminum air rebusan jahe alias teh jahe adapun dicampur irisan lemon buat meredakan mual.

Artikel lainnya: Bolehkah Terima Vaksin COVID-19 masa Haid? Ini Kata Dokter

9. Jamur

Jamur pula becus menjadi pilihan makanan setelah vaksin. Bahan makanan adapun satu ini menyediakan selenium, tembaga, dan seluruh vitamin B adapun tentunya cantik buat tubuh.

Jamur pula kaya akan fenol dan antioksidan adapun menciptakan akibat antiinflamasi di dalam tubuh.

Di sisi lain, makanan adapun tak disarankan dimakan setelah disuntik vaksin virus corona antara lain makanan olahan tinggi gula, garam, pengawet, dan bahan-bahan tak sehat lainnya.

Usahakan tidak tiba gula darah anda tinggi, ya. Tingginya kadar gula di dalam darah malah akan melemahkan daya tahan tubuh. Begitu pula dengan minuman beralkohol, sebaiknya dijauhi dikarnakan becus menekan imunitas tubuh.

Itulah makanan dan minuman setelah vaksin adapun sebaiknya anda konsumsi. Jangan biarkan vaksin COVID-19 bekerja sia-sia. 

Tingkatkan imunitas tubuh dengan makan bergizi dan motif hidup sehat lainnya. Ayo, #JagaSehatmu!

Mau tahu tips makanan dan minuman sehat lebih lengkap? Download aplikasi KlikDokter. Kamu pula becus langsung tanya dokter online buat konsultasi cepat.

(FR/JKT)

Silakan Klik “Tanya Dokter” Untuk Mengajukan Pertanyaan Anda

Tanya Dokter

0%suka0%sedih0%lucu0%kaget0%semangat
Selengkapnya