Duta Besar RI untuk Arab Saudi Sebut Ideal Kuota Haji Indonesia 275 Ribu

Sedang Trending 5 bulan yang lalu 23

Suara.com - Duta Besar Republik Indonesia (RI) buat Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad menyebut kuota haji ideal buat Indonesia 275 ribu manusia pertahun. Sebab penduduk Indonesia lanjut bertambah.

Dia mengatakan bahwa andaikan kondisi kembali standar maka bagian akan dihitung berdasarkan kuantitas penduduk.

Jika mau ada perubahan penduduk dan bagian yang baru, kata dia, patut malayari sidang-sidang yang ditetapkan di dalam Organisasi Kerja Sama Islam (OKI). Artinya negara OKI duduk bersama buat menetapkan berapa bagian yang sebenarnya.

"Saya beberapa kali menyampaikan, penduduk Indonesia itu setelah berkembang sekarang. Mungkin sekarang tiba 260-265 juta penduduk," kata dia di Mekkah, Jumat.

Baca Juga: Bulan Depan, Kominfo Bakal Blokir Platform Digital yang Belum Terdaftar

Artinya, kata dia, patut ada tambahan kuantitas jamaah dari 220 ribu menjadi 265 ribu lampau ada tambahan bagian lagi 10 ribu selesai 275 ribu.

"Itu kalau kondisinya standar dan ajuan kita setiap permohonan bagian dikabulkan," tambah Abdul Azis.

Hanya saja penambahan bagian tak diwajibkan dan merupakan kewenangan Pemerintah Arab Saudi.

Begitu pula dengan pembatasan usia 65 tahun bagi jamaah haji, katanya, kemungkinan tak ada pembatasan tergantung bagaimana pemerintah Saudi memandang kondisi pandemi maupun kondisi-kondisi kesehatan yang lain.

Musim haji 1443H/2022M bagian haji Indonesia sebanyak 100.051 manusia berkurang setengahnya dari 2019 akibat kondisi pandemi. Namun Pemerintah Arab Saudi memberikan penambahan bagian haji sebanyak 10.000 tahun ini sehingga njumlah menjadi 110.051 orang. (Antara)

Baca Juga: BMW Indonesia Resmikan Luminary Used Car, Tersedia Produk Second Hand Bersertifikat

Selengkapnya