FKUB Sulteng Susun Strategi Penguatan Kerukunan Umat Beragama

Sedang Trending 7 bulan yang lalu 33

Ilustrasi kerukunan umat beragama di Masjid Al-Ikhlas, Kelurahan Palupi, Palu, Sulawesi Tengah. Kerukunan umat beragama menjadi tanggung balas seluruh pihak

Foto: ANTARA/Basri Marzuki

Kerukunan umat beragama menjadi tanggung balas seluruh pihak

pandudita.com PALU— Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menyusun strategi buat penguatan kerukunan umat beragama demi menopang pembangunan kedamaian dan keharmonisan antarsesama manusia.

"FKUB membutuhkan saran dan masukan dari berbagai komponen dan elemen terkait dengan penguatan kerukunan umat beragama di Sulteng," kata Ketua FKUB Sulteng Prof KH Zainal Abidin MAg di Palu, Jumat (24/6/2022).

Penyusunan strategi itu dilakukan FKUB Sulteng lalu lokakarya FKUB se-Sulteng yang menghadirkan pengurus FKUB dari 12 kabupaten dan satu kota, serta Kesbangpol dan Kemenag kabupaten dan kota se-Sulteng, dimulai tanggal 24 - 25, di Palu.

Lokakarya itu, kata Zainal, menjadi ajang krusial buat saling tukar menukar informasi dan pengalaman, serta saling memberikan ide dan gagasan terkait dengan strategi penguatan kerukunan di daerah Sulteng.

"Strategi penguatan kerukunan umat beragama, patut dibicarakan secara serius dan berkelanjutan yang melibatkan seluruh pihak dan para aktivis agama di daerah ini," ungkapnya.

Zainal Abidin mengemukakan strategi yang disusun, nantinya akan menjadi referensi dan panduan bersama bagi FKUB, Kemenag dan Kesbangpol dalam penguatan kerukunan di daerah Sulteng.

"Ini akan menjadi satu modul panduan penguatan strategi pembangunan kerukunan umat beragama," ujarnya.

Terkait keadaan itu Plt Kepala Kanwil Kemenag Sulteng, Makmur M Arif, menilai penyusunan strategi buat penguatan dan peningkatan kapasitas kerukunan di Sulteng sangat krusial dilakukan. "Kemenag tentu memberikan dukungan terhadap FKUB," ungkapnya.

Ia mengatakan sinergi multipihak buat pembangunan kerukunan patut digencarkan dan dikedepankan, dengan melakukan berbagai program-program dan kegiatan pembinaan umat.

Sementara itu Kepala Kesbangpol Provinsi Sulten, Fahruddin Yambas, mengatakan kerukunan menjadi persediaan besar dalam menyukseskan penyelenggaraan pembangunan daerah.

"Karena itu, upaya membangun, meningkatkan kapasitas kerukunan umat beragama lalu berbagai metode menjadi keadaan yang sangat penting," sebutnya.

Kesbangpol, ujar dia, mendukung penuh lokakarya penyusunan strategi penguatan kerukunan umat beragama yang digagas FKUB Sulteng.

sumber : Antara

Selengkapnya