Hari Unta Sedunia: Menengok RS Hewan Seukuran Istana Buckingham di Arab Saudi

Hari Unta Sedunia: Menengok RS Hewan Seukuran Istana Buckingham di Arab Saudi

Sedang Trending 3 bulan yang lalu 12

Rumah Sakit Hewan Al Salam seukuran Istana Buckingham di Buraidah, Al Qasim, Arab Saudi. Hari Unta Sedunia: Menengok RS Hewan Seukuran Istana Buckingham di Arab Saudi

Foto: Reuters

Fungsi utama rumah sakit hewan ini ialah pembiakan.

REPUBLIKA.CO.ID, AL QASSIM -- Arab Saudi setelah dikenal sebagai arah kontes kecantikan unta. Sekarang, ia mau dikenal buat perawatan kesehatan unta juga. Negara ini membuka rumah sakit unta terbesar di bumi pada Juli 2020 dan foto-foto menunjukkan seperti apa kehidupan sehari-hari di dalamnya.

Dengan besar 70 ribu meter persegi, Rumah Sakit Hewan Al Salam seukuran Istana Buckingham dan sedikit lebih mini dari pulau Alcatraz. Pusat ini menelan biaya lebih dari Rp 542 miliar.

Namun, balap unta serta kontes kecantikanya ialah buat pangeran dan syekh di mana seekor unta bisa memperoleh 10 juta dirham (Rp 40 miliar) pada puncak hari kontes kecantikan (untuk unta).

Dilansir The National, Rabu (22/6/2022) rumah sakit ini terletak di Buraidah, daerah pedalaman Al Qassim antara Madinah dan Riyadh, di kedudukan salah satu pasar unta terbesar di dunia, dan akan melayani yang mempunyai unta di Kuwait dan Arab Saudi utara.

Klinik yang setara terdekat, berjarak sekeliling 1.000 kilometer di negara-negara Teluk lainnya. Bepergian ratusan kilometer dan melintasi perbatasan ialah bagian dari gaya hidup balap dan arak-arakan, tetapi pandemi virus corona membikin ini tak mungkin, bahkan ketika kompetisi domestik berlanjut.

Rumah Sakit Hewan Al Salam bisa merawat 144 unta, mempunyai kandang buat 400 unta balap dan akan mempekerjakan sampai-sampai 300 staf yang siap memenuhi setiap kebutuhan unta, sejak dari proses sampai-sampai akomodasi dan tes darah. Unta bisa dirawat dikarnakan penyakit menular, terluka dan penyakit akut di rumah sakit, tetapi bidangusaha utamanya ialah pembiakan.

Rumah sakit setelah melakukan lebih dari 500 transfer embrio, menghasilkan 350 kehamilan yang sukses. Dokter hewan berencana mentransfer 2.500 embrio hari depan, kuantitas yang ambisius menurut standar pengembangbiakan unta.

Transfer embrio setelah melahirkan beberapa identitas besar di bumi balap unta. Unta mengandung berlangsung selama dua tahun, yang sebelumnya berarti unta balap betina bisa menghasilkan beberapa keturunan hanya setelah pensiun dari kawasan pacuan kuda.

Kemajuan unta pembiak berarti unta balap betina yang berharga sekarang bisa mewariskan gen pemenang ke lusinan anak sapi dalam satu tahun. Ini setelah mengubah bumi balap dan membikin beberapa unta betina setenar pejantan.

Al Samha, dari Abu Dhabi, ialah salah satu sapi yang dikenal dikarnakan keturunannya yang subur. Pusat penangkaran paling terkenal, seperti Advanced Scientific Group di Abu Dhabi, menarik jago silsilah dari seluruh Teluk.

Kemajuan ilmiah lanjut dibuat dalam acara pemupukan dan pemuliaan unta. Adaptasi unta ke gurun setelah menyebabkan serangkaian tantangan unik dalam inseminasi buatan.

Hewan ini sangat pandai menghemat air sehingga hanya menghasilkan 3 ml sampai-sampai 8 ml air mani seperti gel, sedikit dibandingkan dengan hewan berukuran sama seperti kuda. Ini buruk.

Baru pada 2018, anak sapi pertama lahir dari betina yang dibuahi dengan semen beku di Pusat Pemuliaan Unta Dubai. Terobosan ilmiah serupa di rumah sakit Saudi bisa mengubah bentuk dan takaran unta masa depan.

 https://www.thenationalnews.com/uae/environment/watch-inside-a-camel-hospital-the-size-of-buckingham-palace-1.1074252

Selengkapnya