Hati-hati! Konsumsi Vitamin Ini Ternyata Tingkatkan Risiko Kanker Paru-paru

Hati-hati! Konsumsi Vitamin Ini Ternyata Tingkatkan Risiko Kanker Paru-paru

Sedang Trending 3 bulan yang lalu 10

Suara.com - Pandemi Covid-19 membikin banyak manusia lebih sadar dan lebih sering buat mengonsumsi vitamin dan suplemen.

Tapi, rupanya ada sejumlah suplemen vitamin yang malah berbahaya buat dikonsumsi dibanding membawa faedah kesehatan. Sejumlah penelitian mencari ikatan antara suplementasi vitamin B12 dan risiko kanker.

Office of Dietary Supplements (ODS), yang merupakan bagian dari National Institutes of Health, menyaring literatur dan menemukan beberapa asosiasi terkait.

ODS mengutip bahan pengamatan yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Oncology.

Baca Juga: Terpopuler Kesehatan: Makanan yang Sebabkan Tekanan Darah Tinggi, Bahaya Laten Kekurangan Vitamin D

Sebuah studi observasional ialah ketika peneliti memandang akibat dari beberapa tipe intervensi, risiko, tes diagnostik alias pengobatan, tanpa mencoba buat memanipulasi siapa, alias siapa yang tidak, terkena itu.

Para peneliti memeriksa ikatan antara penggunaan jangka panjang vitamin B tambahan pada risiko kanker paru-paru dalam golongan Vitamin dan Gaya Hidup (VITAL), yang dirancang spesifik buat memandang penggunaan suplemen relatif terhadap risiko kanker.

Ilustrasi kanker (Pixabay/PDPics)Ilustrasi kanker (Pixabay/PDPics)

Sebanyak 77.118 peserta kohort VITAL, 50 sampai-sampai 76 tahun, direkrut antara Oktober 2000 dan Desember 2002 dan dimasukkan dalam analisis ini.

Mereka menemukan bahwa penggunaan setidaknya 55 mcg/hari suplemen vitamin B12 selama rata-rata 10 tahun dikaitkan dengan risiko 40 persen lebih tinggi terkena kanker paru-paru pada lelaki

Namun, penelitian ini tak menemukan ikatan antara penggunaan suplemen vitamin B12 dan risiko kanker pada perempuan.

Baca Juga: Studi Australia: Kekurangan Vitamin D Berisiko Tinggi Terkena Demensia dan Stroke

Penting buat dicatat bahwa beberapa bahan pengamatan menunjukkan tak ada ikatan antara konsentrasi alias asupan vitamin B12 yang tinggi dan peningkatan risiko kanker tertentu.

Selengkapnya