Jarang Ganti Sikat Gigi Bikin Gigi Sensitif, Benarkah?

Sedang Trending 7 bulan yang lalu 29

Menyikat gigi menjadi salah satu langkah buat membersihkan rongga mulut. Kebiasaan ini pula bisa membantu anda terhindar dari sakit gigi.

Namun, apakah anda pernah seperti ngilu pada gigi, padahal setelah rutin menyikat gigi? Bisa selesai itu dikarnakan kondisi sikat gigi yang setelah tak cantik akibat terlalu lama digunakan.

Lalu, apakah terlalu lama mengganti sikat gigi bisa memicu gigi sensitif? Simak penjelasannya berikut ini. 

Kenapa Jarang Ganti Sikat Gigi Menyebabkan Gigi Sensitif?

Setiap alat mempunyai batasan terkait lamanya penggunaan, termasuk sikat gigi. Sebab, gombak sikat gigi mempunyai bahan lembut yang gampang sekali buat berubah bentuk.

Kamu tentunya menggunakan sikat gigi setiap hari, bukan? Hal ini becus mempercepat perubahan bentuk pada sikat gigi, lho.

Tidak mengganti sikat gigi dalam batas masa tertentu, akan membikin gombak sikat gigi kehilangan kemampuannya buat membersihkan gigi dengan baik.

Artikel Lainnya: Penting, Ini Tanda dan Gejala Gigi Sensitif

Saat menyikat gigi, perspektif kepala sikat akan sangat memengaruhi tingkat kebersihan.  Ketika anda kurang mengganti sikat gigi, gombak sikat ini akan cenderung melebar ke samping dari kepala gigi.

Nah, kondisi setelah dikatakan membikin sikat gigi tak mendapatkan konsentrasi yang cantik dalam membersihkan gigi. Bukannya mendapatkan buatan yang diharapkan, gombak sikat malah akan menekan ke daerah leher gigi.

Padahal, leher gigi menjadi permukaan yang sangat dekat dengan saluran akar. Pada gilirannya, kondisi ini akan menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif.

Cegah Gigi Sensitif, Kapan Harus Ganti Sikat Gigi?

Sikat gigi sebenarnya patut diganti penggunaannya secara berkala. Namun, seberapa sering anda patut mengganti sikat gigi?

Menurut beberapa jurnal, efektivitas penggunaan sikat gigi ialah selama kurang dari 3 bulan. Namun, tak seluruh kondisi membutuhkan penggantian sikat segera. Kamu pula becus menggantinya lebih lama dari batas masa tersebut.

Artikel Lainnya: Tips Menyikat Gigi buat Gigi Sensitif

Perlu diketahui, sebagian para pakar pula mengatakan bahwa sikat gigi bisa anda gunakan sampai-sampai 6 candra dengan permintaan kondisi gombak sikat tetap baik.

Sementara itu, apabila gombak sikat setelah terlihat melebar dalam masa sebelum 6 bulan, sebaiknya segera ganti sikat gigi.

Tidak mengganti sikat gigi segera akan membikin tekanan yang dihasilkan buat sikat gigi mengikis permukaan gigi. Pada akhirnya, pengikisan setelah dikatakan bisa menjadi penyebab munculnya gigi sensitive. 

Selain rutin mengganti sikat gigi, pastikan anda memperhatikan tipe sikat gigi buat mencegah gigi sensitif. Pilihlah sikat gigi dengan gombak sikat lembut buat mencegah iritasi.

Tak hanya kapasitas sikat gigi, anda pula sebaiknya memperbaiki langkah menyikat gigi. Pastikan buat tak menyikat gigi terlalu keras sehingga meminimalkan risiko pengikisan pada lapisan pelindung gigi.

Selain itu, hindari kebiasaan menggemertakkan gigi. Tak becus ketinggalan, anda pula patut lebih memperhatikan kebersihan gigi dan mulut.

Apabila setelah mengganti sikat gigi dan mempraktikkan langkah menyikat gigi yang benar, tetapi keluhan gigi sensitif tetap dirasakan, segeralah konsultasikan ke dokter gigi.

Kini anda setelah tahu kalau mengganti sikat gigi sebaiknya dilakukan secara berkala. Dengan begitu, fungsinya buat membersihkan gigi becus maksimal.

Apabila mempunyai keluhan gigi sensitif, anda becus berkonsultasi kepada dokter gigi terkait penyebab dan penanganannya. Gunakan layanan Live Chat online dari KlikDokter buat kemudahan konsultasi. #JagaSehatmu selalu, ya. 

[WA]

Referensi:

Kusumawardani, Endah. Buruknya Kesehatan Gigi dan Mulut. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Hanggar Kreator, 2011.

Djamil, Melanie Sadono. A-Z Kesehatan Gigi. Edisi Pertama. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2011.

Moynihan, P dan P.E Petersen. Diet, Nutrition and the Prevention of Dental Disease. Public Health Nutrition, 2004. 7 (1A):201-226

Selengkapnya