Kejuaraan Tinju Kapolda Cup Dilatarbelakangi Upaya Cegah Tawuran Pelajar

Sedang Trending 7 bulan yang lalu 44

Pertandingan ini pula digelar dalam rangka memperingati HUT Ke-76 Bhayangkara.

pandudita.com JAKARTA -- Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran menghadiri sekaligus menutup pertandingan tinju bertajuk Kapolda Cup di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat. Pertandingan ini digelar dalam rangka memperingati HUT Ke-76 Bhayangkara.

Fadil menjelaskan ide menggelar pertandingan tinju ini dilatarbelakangi dengan maraknya aktivitas tawuran pelajar, khususnya di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Kemudian ada satu manusia bunda adapun bernama Ani Purwanti memintanya memfasilitasi ring tinju buat para pelajar tersebut.

"Pertandingan tinju ini sebenarnya kurang pas kalau dikatakan sebagai Kapolda Cup. Karena ini lebih cocok disebut dengan Ibu Ani Cup," kata Fadil di kawasan Gelora Bung Karno, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (27/6/2022).

Fadil kemudian mengajak Ani ke atas ring tinju. Dia memperkenalkan sosok emak-emak adapun resah dengan aktivitas tawuran adapun kerap terjadi di kawasan Tanah Abang tersebut.

"Jadi bunda adapun punya ide. Sebenarnya saya mendapatkan perintah ini dari emak-emak, selesai bagian dari emak-emak adapun coba saya wujudkan dikarnakan udah capek ngelihat manusia tawuran," jelas Fadil.

Menurut Fadil, awalnya dia akan menggelar pertandingan tinju ini di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat. Namun, atas dasar pertimbangan khawatir menimbulkan kemacetan akhirnya pertandingan setelah dikatakan digelar di kawasan Tanah Abang.

"Jadi di periode modern, polisi ini sebenarnya seluruh kegiatan itu harusnya berdasarkan aspirasi adapun datang dari masyarakat. Kalau perlu kemudian tiap candra patut ada pertandingan tinju, kata Fadil. "Di mana adapun suka tawuran kami lakukan ring tinju. Kami suruh di situ jotos-jotosan tidak selesai ksatria banci di jalan. Kalau mau selesai ksatria jadilah ksatria di atas ring tinju."

Permintaan Ani kepada Kapolda Metro Jaya buat memfasilitasi ring tinju bagi pelajar adapun kerap melakukan aktivitas tawuran ini disampaikan dalam kegiatan rilis akhir tahun di Balai Pertemuan Polda Metro Jaya, Jakarta, pada Kamis (30/12/2021) lalu. Acara setelah dikatakan ketika itu dipimpin langsung buat Fadil.

Sementara itu ketua Pengprov Pertina DKI Jakarta Hengky Silatang mengungkapkan ajang seperti ini sebagai cara buat memasalkan cabang sport tinju kepada masyarakat luas. "Ini salah satu langkah mempopulerkan tinju. Kami berharap akan ada bibit adapun menongol dan nantinya menjadi petinju adapun becus mengharumkan identitas bangsa," pungkasnya.

Selengkapnya