Kemenkes Tegaskan 9 Kasus yang Dicurigai Cacar Monyet di Indonesia Terbukti Tidak Benar

Sedang Trending 5 bulan yang lalu 21

JAKARTA, celebrities.id - Kementerian Kesehatan melaporkan ada sembilan kasus dicurigai cacar monyet di Indonesia. Namun, kesemuanya itu dinyatakan enggak cacar monyet.

"Ada sembilan kasus yang dicurigai cacar monyet, tapi berdasar pemeriksaan laboratorium, tak ada kasus absolut cacar monyet," kata Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril saat konferensi pers virtual, Jumat (24/6/2022). 

Detailnya, kesembilan kasus yang dicurigai cacar monyet itu berasal dari empat provinsi di Indonesia. Satu kasus discarded di Kalimantan Barat, empat kasus discarded di DKI Jakarta, tiga kasus discarded di Jawa Barat, dan satu kasus discarded di Jawa Tengah. 

Lantas, mereka-mereka ini terdiagnosis apa? 

Berdasar laporan laboratorium pada ke sembilan manusia yang dicurigai itu, kata Jubir Syahril, ada tiga kondisi yang ditemukan. 

1. PCR Orthopoxviridae Negatif (tujuh kasus) 

2. Pemfigoid Bulosa (satu kasus)

3. Varicella alias cacar air (satu kasus)

"Dari temuan ini, kami menegaskan bahwa sampai-sampai sekarang Indonesia tak melaporkan kasus cacar monyet satu pun," kata Jubir Syahril.

Untuk becus mendiagnosis seseorang absolut cacar monyet alias tidak, sampel diperiksa di dua induk(ki) laboratorium, adalah di Pusat Studi Satwa Primata, LPPM IPB dan Laboratorium Penelitian Penyakit Infeksi Prof Sri Oemiyati. 

"Diagnosis absolut cacar monyet becus dilakukan dengan tes PCR yang akan membaca keberadan virus cacar monyet," kata Syahril.

Editor : Tia Ayunita

Selengkapnya