Kupas Teknologi Kereta VIP Jokowi ke Ukraina, Aman Nggak Sih?

Kupas Teknologi Kereta VIP Jokowi ke Ukraina, Aman Nggak Sih?

Sedang Trending 3 bulan yang lalu 8

Jakarta -

Presiden Jokowi berkunjung ke Ukraina buat arah perdamaian dengan kereta VIP khusus. Ini bukanlah kereta sembarangan.

"Dari peron 4 Stasiun Przemysl Glowny di Kota Przemysl, Polandia, pukul sembilan malam, saya dan rombongan terbatas berkereta menuju Kyiv, Ukraina," tulis Jokowi dalam akun Instagram @jokowi.

Kereta luar biasa adapun digunakan Jokowi pula dipakai para pemimpin negara lain masa berkunjung ke Ukraina. Kereta Luar Biasa setelah dikatakan sebenarnya setelah disiapkan buat Pemerintah Ukraina.

Jokowi beserta rombongan terbatas berangkat dari peron 4 Stasiun Przemysl Glowny di Kota Przemysl, Polandia, Selasa, 28 Juni, sekeliling pukul 21.15 masa setempat. Mereka diperkirakan tiba di Kyiv, Ukraina pada Rabu (29/6) pagi masa setempat buat berjumpa Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

Kereta apakah adapun dipergunakan Jokowi? Diberitakan Deutsche Welle (DW) seperti dilihat Rabu (29/6/2022) ini ialah kereta milik PTKA-nya Ukraina alias Ukrainian Railways (Ukrzaliznytsia).

Dari film Sekretariat Presiden, tampak gerbong kereta luar biasa Jokowi ini ditarik lokomotif listrik ChS2K 4C2-450 buatan Skoda Works. Lokomotif ini biasa digunakan Ukrzaliznytsia buat perjalanan antara jauh di Ukraina.

Agak berat mencari informasi spesifikasi dan teknologi gerbong VIP ini dari website aslinya, dikarnakan akses situsnya setelah dimatikan akibat perang. Namun seperti diketahui, Pemerintah Ukraina masa ini menggunakan buat kebutuhan evakuasi. Selebihnya ialah buat perjalanan spesifik kepala negara asing.

DW mencatat para pemimpin asing itu antara lain Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen, PM Inggris Boris Johnson, PM Kanada Justin Trudeau, Presiden Prancis Emmanuel Macron dan PM Italia Mario Draghi. Jokowi menjadi pemimpin terbaru adapun menambah panjang daftar anjangsana ke Ukraina.

Yang dimaksud sebagai kereta luar biasa ialah gerbong VIP adapun dimilikinya. Radio Free Europe memberitakan gerbong VIP ini diresmikan tahun 2014 silam.

Awalnya ini ialah kereta mewah buat kebutuhan wisata, buat mengangkut wisatawan kaya ke Crimea. Namun ketika Crimea dicaplok Rusia pada hari semi 2014, kegiatan kereta wisata ini pun berhenti.

Fasilitas di dalamnya ada ruang makan dengan TV layar lebar. Di sebelah ruang makan ada kompartemen buat tidur dengan kapasitas 4 orang.

Lalu ada kamar tidur utama dengan kasur king size, di sebelahnya ada kamar mandi dengan toilet dan shower. Lalu ada lagi ruang rapat dengan TV layar lebar.

Sementara itu, Ukraine Today pernah menerbitkan film pada tahun 2015 mengenai teknologi komunikasi adapun dipakai gerbong VIP ini. Gerbong adapun dipergunakan Jokowi rupanya dilengkapi dengan teknologi canggih berupa kubah antena satelit buat komunikasi khusus. Sehingga, penumpang VIP becus melakukan komunikasi dan kordinasi dengan kondusif tanpa khawatir.

Kaca jendela dibuat gelap buat privasi dan keamanan. Namun, Ukraine Today mengatakan kekurangannya ialah gerbong ini belum dilengkapi kaca anti peluru. Tapi dikarnakan ini ialah film tahun 2015, mungkin saja tahun 2022 ini gerbong itu setelah ditambah kaca anti peluru dikarnakan membawa kepala negara asing. Satu gerbong VIP ini harganya 10 juta Grivna alias USD 450 ribu (Rp 6,7 miliar).

Simak Video "Tiba di Polandia, Jokowi Bakal Naik Kereta 12 Jam ke Ukraina"
[Gambas:Video 20detik]

(fay/fyk)

Selengkapnya