<i>Fix No Debate!</i> Candi Borobudur Bukan Buatan Nabi Sulaiman

<i>Fix No Debate!</i> Candi Borobudur Bukan Buatan Nabi Sulaiman

Sedang Trending 3 bulan yang lalu 12

Jakarta -

Sempat geger deskripsi adapun menyatakan Candi Borobudur dibangun buat Nabi Sulaiman. Isu ini pula sempat dibukukan buat KH Fahmi Basya. Tapi, seperti apa faktanya andaikan memandang perspektif pandang ilmiah arkeologi dan sejarah?

"Memang kalau berdasarkan tinjauan tim, faktanya tak seperti itu. Kalau KH Fahmi Basya menuliskan Borobudur kerajaan Nabi Sulaiman ya kita tak tahu pendekatannya seperti apa," kata Brahmantara Pengkaji Pelestari Borobudur di kegiatan 'Eureka! Edisi 6: Rahasia Borobudur', Senin (27/6/2022).

"Bicara dari aspek sejarah, arkeologi dan pelestariannya, itu tak sesuai," lanjut Brahmantara menegaskan bahwa Candi Borobudur enggak buatan Nabi Sulaiman.

Candi Borobudur sendiri dibuat buat Dinasti Syailendra, menurut penjabaran Bram di sekeliling seratus tahun ke-8. Ini pun tertuliskan pada prasasti Sri Kahulungan sehingga becus ditentukan masa tahun pembuatannya.

Ada pula cerita adapun didapatkan dari prasasti lainnya adapun kemudian dikumpulkan buat ditelaah lebih lanjut. Dari kerumunan prasasti ini, peneliti kemudian baru berani menyimpulkan bilamana peninggalan ini dibangun dan siapa penggagasnya.

Candi Borobudur dibangun atas titah Raja Samaratungga dari Dinasti Syailendra tahun 824 dan selesai pada masa Ratu Pramudawardhani. Ilmuwan-ilmuwan Belanda seperti NJ Krom mencatat legenda domestik adapun menyebutkan identitas Gunadharma sebagai perancang Borobudur.

"Kan kita pendekatannya seperti itu ya, kita memandang bukti-bukti faktual. Ada prasasti kemudian beberapa bahan catatan lainnya, selesai tak asal menduga saja tapi berdasarkan literasi dan bukti-bukti faktual adapun ada," tandasnya.

Simak Video "Rahasia Borobudur"
[Gambas:Video 20detik]

(ask/fay)

Selengkapnya