Milad ke-50, DMI Diharapkan Maksimalkan Fungsi Masjid   

Milad ke-50, DMI Diharapkan Maksimalkan Fungsi Masjid   

Sedang Trending 3 bulan yang lalu 20

Fungsi masjid buat menyatukan umat.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Dewan Masjid Indonesia (DMI) setelah berusia genap 50 tahun pada 22 Juni lalu. Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH Cholil Nafis berharap, DMI kedepannya becus memaksimalkan kegunaan masjid sebagaimana pada periode Rasulullah SAW dna para sahabat. 

“Kami berharap DMI memaksimalkan kegunaan masjid buat memberikan guidance sebagaimana di periode Rasulullah SAW berfungsi sebagai penyatuan umat, menggerakkan spiritual umat sekaligus membangun kohesivitas umat dari masjid,” ujar Kiai Cholil masa dihubungi Republika.co.id, Selasa (28/6/2022).

Dia menuturkan, pada periode Rasulullah berbagai pengajaran banyak dilakukan di masjid. Pada periode para sahabat, kata dia, masjid pula difungsikan sebagai tempat menimba ilmu. “Bahkan, di masa tabiut tabiin, masjid itu tetap menjadi fungsi baitul ilmi. Bahkan, al Azhar pun itu ialah belakang dari halaqah-halaqah di masjid,” ujar Ketua PBNU ini.

Karena itu, bertepatan dengan usia separuh abadnya ini, Kiai Cholil pula berharap DMI becus memaksikan masjid sebagai tempat buat menyelesaikan berbagai macam permasalahn sosial keumatan.

“Kemudian, pula becus dijadikan kegunaan sosial bagaimana memutuskan masalah keumatan di masjid, bagiamana melakukan perdamaian di masjid, itu adapun becus difungsikan,” kata Kiai Cholil.

Terakhir, Pengasuh Pondok Pesantren Cendikia Amanah Depok ini pula berharap kepada DMI buat memaksimalkan kegunaan masjid sebagai tempat buat mengembangkan perniagaan umat.

“Bagaimana masjid itu adapun berjamaah secara ibadah becus pula dijadikan jamaah secara perniagaan buat membangun perniagaan umat berbasis masjid,” ujarnya.

“Sehingga manusia ke masjid itu mendapat keuntungan bumi dan mendapatkan keuntungan akhirat, bisa memperkuat spiritualitas,” jelas Kiai Cholil.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Selengkapnya