Perkembangan Gigi dan Mulut Anak

Perkembangan Gigi dan Mulut Anak

Sedang Trending 3 bulan yang lalu 14

Pernah memandang bayi alias anak yang terlambat muncul gigi dibanding anak lainnya? Kekhawatiran setelah dikatakan niscaya sering dijumpai buat para manusia tua. Namun, ini sebenarnya wajar, dikarnakan memang kecepatan pertumbuhan gigi anak itu becus bervariasi. 

Cepat alias tidaknya pertumbuhan gigi bayi dan anak becus disebabkan buat beberapa faktor, adalah adanya gangguan muncul kembang, nutrisi, trauma, dan lainnya. Selain itu, ada pula keadaan sosial ekonomi, tipe kelamin, ras, hormonal, serta genetik. 

Tanpa disadari andaikan terjadi keterlambatan pertumbuhan dan perkembangan gigi, maka pula akan memengaruhi muncul kembang anak tersebut. 

Lalu, seperti apa pertumbuhan gigi anak yang normal? Orang uzur patut tahu beberapa tahapannya supaya becus langsung mengecek kondisi kesehatan gigi si Kecil.  

Tahapan Pertumbuhan Gigi Bayi
Tahapan Pertumbuhan Gigi Bayi
Tahapan Pertumbuhan Gigi Bayi

Sering kali manusia uzur tak tahu tahapan muncul gigi bayi yang normal. Sehingga kerap menimbulkan pertanyaan bahkan kekhawatiran. 

Berikut ini tahap pertumbuhan gigi bayi yang perlu diketahui manusia tua. 

Usia 0-6 Bulan

Biasanya, gigi belum tumbuh. Namun, ada pula gigi depan bawah tengah (sentral) yang sejak muncul di usia 5-7 bulan. 

Bayi baru lahir tiba usia 6 candra mendapatkan nutrisi dari ASI alias susu formula.

Pada usia ini, tentunya paparan ASI dan susu metode di dalam perkataan bayi yang tertidur berpotensi menimbulkan penumpukan residu susu pada permukaan lidah dan gusi. Karena itu, permukaan gusi dan lidah perlu dibersihkan setiap minum susu alias saat mandi. 

Artikel Lainnya: Perilaku Ibu Tentukan Kesehatan Gigi Anak

Usia 6-10 Bulan

Umumnya, dua gigi depan bagian bawah tengah (sentral) sejak tumbuh. Jangan khawatir andaikan gigi anak belum muncul pada usia ini. Sebab, kecepatan pertumbuhan gigi anak berbeda-beda.

Usia 8-12 Bulan

Dua gigi depan bagian atas (sentral) sejak tumbuh.

Usia 9-13 Bulan

Mulai muncul dua gigi depan bagian atas di samping kanan kirinya (lateral).

Usia 10-16 Bulan

Dua gigi depan bagian bawah yang letaknya di samping kanan kirinya sejak muncul (lateral).

Pada tahapan usia ini, bayi umumnya sedang mengalami muncul gigi (teething). Untuk membersihkan gigi susu yang tumbuh, manusia uzur dapat menggunakan sikat gigi mini spesifik gigi susu yang bulunya lembut.

Basahi gombak sikat dengan air saja, tanpa pasta gigi. Lakukan sikat gigi setiap pagi hari dan malam sebelum tidur. 

Sebagai tambahan, ada baiknya manusia uzur memberikan stimulasi alias rangsangan buat gerakan menggigit-gigit.

Orang uzur becus memberikan belakang penggal memanjang agar becus dipegang bayi (finger food) sekaligus merangsang perkembangan motoriknya. 

Bila tiba usia 18 candra gigi belum tumbuh, sebaiknya manusia uzur periksakan ke dokter gigi.

Artikel Lainnya: Gigi Anak Tumbuh Renggang, Perlukah Khawatir?

Tahapan Pertumbuhan Gigi Anak
Tahapan Pertumbuhan Gigi Anak
Tahapan Pertumbuhan Gigi Anak

Memasuki usia 1 tahun, sebaiknya anak sejak diajak buat berkunjung ke dokter gigi. 

Sebab, memperkenalkan anak sedini mungkin dengan ruangan alias suasana klinik gigi dapat membikin si Kecil lebih gampang buat menerima perawatan gigi ke depannya.  

Usia 13-19 Bulan

Gigi geraham pertama bagian atas dan bawah sejak tumbuh.

Usia 16-23 Bulan

Masing-masing gigi taring atas dan bawah sejak tumbuh.

Karena beberapa gigi susu setelah tumbuh, sehingga kebiasaan menyikat gigi tak becus terlupakan, apalagi andaikan anak setelah sejak makan makanan manusia dewasa. 

Pada masa pertumbuhan dan perkembangan gigi ini, anak pula sejak suka mengeksplorasi kemampuannya dalam keadaan menyikat gigi.

Biasanya, anak akan menolak buat dibantu dalam menyikat gigi. Berikan kesempatan lakukan anak buat menyikat gigi sendiri, lampau akhiri dengan membantunya dalam membersihkan seluruh permukaan gigi tiba bersih.

Artikel Lainnya: Gigi Bayi Tidak Rata, Ini Penyebab dan Cara Atasinya!

Jangan lupa, biasakan buat menyikat permukaan lidah. Gunakan sikat gigi spesifik anak-anak yang berbulu lembut. Ganti sikat gigi setiap 3 candra sekali alias ketika gombak sikatnya setelah mekar dan rusak.

Perlu diingat, anak tak disarankan buat menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Karena anak belum becus meludah, sehingga dikhawatirkan fluoride justru tertelan terlalu banyak dan becus menyebabkan fluorosis.

Usia 23-33 Bulan

Gigi geraham kedua bagian atas dan bawah akan tumbuh. Dan umumnya, seluruh gigi akan muncul sempurna di usia 36 bulan.

Usia 3 Tahun ke Atas

Pada tahap ini, pertumbuhan dan perkembangan rahang atas dan bawah akan terjadi, sehingga akan terbentuk celah-celah di antara gigi susu. Celah setelah dikatakan sangat normal. 

Fungsi dari celah setelah dikatakan ialah buat memberikan tempat bagi benih gigi tetap yang akan segera muncul dan berlanjut tiba anak berusia 12 tahun.

Seluruh pertumbuhan gigi susu akan selesai sekeliling usia 2,5-3 tahun. Namun, sesi menyikat gigi patut tetap dibantu dan diawasi tiba anak berusia 7 tahun.

Gunakan sikat gigi spesifik buat anak dengan gombak sikat yang lembut. Orang uzur disarankan buat memberikan pasta gigi mengandung fluoride pada anak. Cukup pakaikan seukuran biji kacang dan sejak ajarkan buat membuang ludah.

Jagalah agar anak tak menyantap pasta gigi langsung dari tempatnya. Sikatlah gigi 2 kali sehari, merupakan pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Untuk memastikan masa selama 2 menit, manusia uzur becus menggunakan timer.

Agar manusia uzur becus membantu memelihara kesehatan gigi anak secara optimal, maka perawatan gigi anak patut dilakukan sesuai dengan tahap pertumbuhan giginya. 

Hal ini pula bermanfaat buat mencegah timbulnya permasalahan gigi. Itulah pentingnya memahami panduan umum tentang tahapan pertumbuhan dan perkembangan gigi anak. 

Punya pertanyaan seputar kesehatan gigi dan perkataan anak? Chat dokter gigi via Live Chat di aplikasi KlikDokter buat #JagaSehatmu dan keluarga selalu!

[RS]

Selengkapnya