Pilihan Makanan untuk Mengatasi Gusi Berdarah

Sedang Trending 5 bulan yang lalu 28

Gusi berdarah alias gingivitis ialah salah satu gejala dari penyakit gusi. Kondisi ini dapat diatasi, salah satunya dengan memilih makanan yang tepat. 

Sebagian besar kasus gusi berdarah diakibatkan buat penumpukan plak pada permukaan gigi. Plak setelah dikatakan akan mengeras sehingga membentuk karang gigi bila tak dibersihkan dengan tepat.

Jika idak segera ditangani, gusi berdarah akan bertambah parah sehingga menyebabkan masalah tahap lanjut yang dikenal dengan sebutan periodontitis. 

Selain itu, gusi berdarah becus disebabkan buat teknik menyikat gigi yang kurang tepat, penggunaan gigi imitasi yang kurang pas, sampai-sampai kurangnya asupan vitamin pada tubuh. 

Nah, langkah terbaik yang dapat dilakukan buat membantu mencegah dan mengatasi gusi berdarah ialah dengan mengubah motif makan. Berikut ini beberapa makanan buat mengobati gusi berdarah

1. Sayuran Hijau
Sayuran Hijau
Sayuran Hijau

Bayam, kubis, sawi, dan berbagai tipe sayuran hijau lainnya merupakan makanan kaya vitamin K. Vitamin setelah dikatakan krusial buat membantu pembekuan darah. 

Selain itu, mengonsumsi sayuran hijau dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di gusimu, sehingga becus mencegah terjadinya risiko gusi berdarah.

Artikel Lainnya: Kenali Fakta dan Mitos Gusi Berdarah

2. Stroberi

Stroberi kaya akan kandungan vitamin C, yang terbukti dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi.

Vitamin C yang ditemukan pada stroberi pula diperlukan buat mengoptimalkan pembuatan kolagen. Kolagen ini berperan dalam meringankan gejala gusi berdarah dan peradangan. 

3. Apel

Apel ialah belakang yang cantik buat dikonsumsi saat gusi berdarah, karena dapat mengikis penumpukan plak di permukaan gigi.

Apel pula mempunyai kandungan serat yang tinggi serta kaya akan air. Dengan mengonsumsinya secara teratur, pembuatan air liur pula akan optimal. 

Air liur setelah dikatakan berfungsi buat membilas bakteri yang ada pada rongga perkataan fungsi mencegah kerusakan. 

4. Daging Tanpa Lemak

Makanan lainnya yang cantik buat gusi berdarah ialah daging tanpa lemak.  Karena itu, pilihlah daging sapi tanpa lemak saat anda mengalami gusi berdarah. 

Kandungan mineral di dalamnya berfungsi sebagai antiradang, antioksidan, dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh buat melawan infeksi.

5. Jahe
Jahe
Jahe

Tahukah kamu, jahe merupakan penangkal penyakit gusi yang ampuh? Akar jahe dapat membantu melawan penyakit gusi dengan menetralkankecut yang dibentuk buat bakteri.

Sebagai agen antiradang yang kuat, jahe pula dapat memberikan perlindungan dari penyakit periodontal yang menyebabkan hilangnya jaringan ikat dan tulang pendukung.

Artikel Lainnya: Tips Mengatasi Gusi Berdarah Usai Cabut Gigi

6. Ikan Salmon

Salmon termasuk makanan yang cantik buat mengobati gusi berdarah. Pasalnya, tipe ikan berlemak ini mempunyai kandungan vitamin D dan omega-3 yang tinggi.

Kombinasi kandungan gizi setelah dikatakan membikin ikan salmon bisa mendukung kesehatan gusi. Bahkan dapat mencegah dan mengurangi gejala periodontitis.

7. Jeruk

Konsumsi makanan yang kaya vitamin C dapat memperkuat sistem kekebalanmu dan membantu melawan infeksi gusi yang mencetuskan gusi berdarah. 

Salah satunya ialah belakang jeruk  yang terkenal akan kandungan vitamin C yang tinggi. 

Kamu perlu memasukkan belakang jeruk ke dalam daftar menu sehari-hari. Mengonsumsi belakang jeruk dapat menjaga jaringan yang sehat di gusi dan mempercepat penyembuhan gusi berdarah.

8. Probiotik
Probiotik
Probiotik

Mengonsumsi makanan probiotik dapat bermanfaat buat mengatasi gusi berdarah. Pasalnya, probiotik bisa mengurangi gingivitis dan plak di gigi. 

Probiotik alias bakteri cantik dalam makanan fermentasi dapat menekan pertumbuhan patogen. Kehadiran patogen ini becus merugikan kesehatan gigi dan mulutmu. 

Tak hanya itu, probiotik bermanfaat buat menghambat pembentukan plak, yang merupakan asal asal terjadinya gusi berdarah.

Artikel Lainnya: Coba Perhatikan, Penyebab Gusi Berdarah saat Hamil

9. Teh Hijau

Minum teh hijau dapat menghentikan pendarahan pada gusi, serta meredakan peradangan pada gusi berdarah. 

Teh hijau mengandung katekin, antioksidan alami yang dapat menurunkan respons peradangan tubuh terhadap bakteri di mulut.

Kandungan lainnya di dalam teh hijau, adalah polifenol, merupakan antioksidan yang dapat mencegah berkembangnya bakteri penyebab karies gigi dan penyakit gusi.

10. Susu

Pastikan anda selalu mengonsumsi susu setiap hari buat mencegah gusi berdarah. 

Selain memperkuat tulang, mengonsumsi susu secara rutin dapat pula memperkuat gusi. Hal setelah dikatakan berkat kandungan kalsium yang ada di dalamnya.

Fakta menyebutkan, mencukupi kebutuhan kalsium setiap hari dapat membikin gusi lebih kuat sehingga bisa menahan akibat jelek bakteri.

Itulah sejumlah makanan buat membantu mengatasi gusi berdarah. Pastikan buat mengonsumsinya secara teratur dan dalam kuantitas yang tepat. Selain itu, krusial buat melakukan perawatan gigi setiap hari dengan benar. 

Segera temui dokter gigi andaikan kondisi gusi berdarahmu tak mendatangi membaik. Dokter gigi akan mencari penyebabnya serta penanganan yang tepat.  

Punya pertanyaan seputar kesehatan gusi dan gigi? Chat dokter gigi via Live Chat di aplikasi KlikDokter buat #JagaSehatmu selalu!

[RS]

Selengkapnya