Rumah Zakat Dukung BUMMas Az-Ziyaad Tingkatkan Pelayanan kepada Anggota

Sedang Trending 7 bulan yang lalu 29

Koperasi Az-Ziyaad menyediakan layanan berdikari terkait negosiasi

pandudita.com MAJALENGKA -- Koperasi Az-Ziyaad sebagai salah satu Badan Usaha Milik Masyarakat (BUMMas) rekan binaan Rumah Zakat melakukan serangkaian upaya buat meningkatkan pelayanan kepada anggotanya. Upaya peningkatan pelayanan setelah dikatakan diantaranya dengan melakukan upgrade sarana pencatatan administrasi keanggotaan.

Jika sebelumnya bahan keanggotaan koperasi berupa simpanan dasar dan simpanan wajib dicatat dalam kartu keanggotaan dan dicatat secara manual menggunakan ballpoint, maka sejak candra Juni 2022 pencatatan setelah menggunakan software spesifik dan dicetak kedalam kitab simpanan personil menggunakan passbook printer sehingga menyerupai kitab tabungan di perbankan.

Koperasi Az-Ziyaad pula setelah memanfaatkan layanan digital dari PT USSI berupa aplikasi mobile koperasi dengan layanan IBS-Lite. Dengan layanan IBS Lite personil koperasi becus melakukan berbagai negosiasi keuangan secara real time selama 24 masa seperti pengecekan saldo tabungan, transfer, pembelian-pembayaran aneka layanan digital seperti tagihan/ token listrik, pulsa, dan topup berbagai layanan dompet digital.

Dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada anggotanya, Koperasi Az-Ziyaad pula menyediakan layanan berdikari terkait negosiasi dasar di koperasi dengan memanfaatkan aplikasi berbasis web adapun becus diakses malayari jaringan wireless domestik sehingga tak membutuhkan koneksi internet. Anggota layak menghubungkan handphonenya ke saluran Wifi Bummas dan mengakses layanan malayari browser handphonenya.

Dengan layanan ini, personil becus mengetahui saldo simpanan dan cerita pembiayaannya secara mandiri. Anggota pula becus melakukan pengajuan pembiayaan dan mengecek status approval pembiayaan adapun setelah diajukannya.

Dengan adanya aplikasi ini pula semakin memudahkan pengelola/pengurus koperasi dalam melayani anggotanya. Anggota koperasi pula becus dengan gampang melakukan pembayaran di unit cara perdagangan umum (Berdaya Mart) dengan mendebet dari saldo simpanan sukarelanya secara langsung.

Untuk mengoptimalkan faedah dari aneka layanan tersebut, Koperasi Az-Ziyaad secara periodik melakukan pembinaan kepada anggotanya. Adaptasi penggunaan layanan digital tentunya membutuhkan proses, terlebih personil Koperasi Az-Ziyaad enggak berasal dari kalangan adapun terlalu melek dengan teknologi. Untuk itu proses edukasi-pembinaan lanjut dilakukan agar kehadiran teknologi membawa faedah adapun lebih besar.

Tatang sebagai salah satu pengurus BUMMas menyampaikan sebutan terima kasih kepada Rumah Zakat adapun setelah membantu Koperasi Az-Ziyaad buat lanjut muncul dan berkembang. “Terima kasih kepada Rumah Zakat adapun setelah mendampingi dan membina kami dalam meningkatkan pelayanan kepada personil kami,” kata Tatang.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Selengkapnya