Virus Polio Bisa Sebabkan Kelumpuhan, Waspadai 6 Tandanya

Sedang Trending 5 bulan yang lalu 21

Suara.com - Polio ialah virus yang menyerang sistem saraf. Pada beberapa kasus yang ekstrim, virus polio ini becus menyebabkan kelumpuhan.

Kebanyakan manusia akan terlindungi dari penyakit ini bila suntik vaksin virus polio, yang masuk dalam daftar agenda rutin vaksin buat anak-anak.

Sampel penyakit polio ini pun telah terdeteksi di London Utara dan Timur. Tetapi, petugas medis telah memperingatkan bahwa hanya 1 dari 10 anak di bunda kota usia 5 tahun yang belum vaksin virus polio tersebut.

Kepala kesehatan telah mendesak manusia uzur buat memeriksa catatan dan memastikan anak-anak mendapatkan informasi mengenai vaksin virus polio tersebut.

Baca Juga: Muncul Virus Polio di Inggris, Diduga Bersumber dari Tempat Pengolahan Limbah

Karena dilansir dari The Sun, kebanyakan manusia yang terkena polio tak mengalami gejala apapun, tetapi beberapa manusia mungkin akan mengalami gejala enteng seperti flu.

Ilustrasi virus polio (Shutterstock)Ilustrasi virus polio (Shutterstock)

Saat anak-anak terkena virus polio, gejala yang dialami mereka mungkin sama seperti manusia dewasa. Adapun gejala virus polio yang patut diwaspadai, termasuk:

Demam tinggiKelelahanSakit kepalaRasa sakitLeher kakuNyeri otot

Gejala-gejala ini biasanya akan berlangsung selama sekeliling sepuluh hari. Dalam kasus yang kurang terjadi, polio dapat menyebabkan manusia mengalami kesulitan menggunakan urat mereka.

Gejala ini biasanya terasa pada kaki dan becus terjadi selama berjam-jam alias bahkan selama beberapa hari.

Petugas medis mengatakan bahwa dalam banyak kasus, ini tak permanen dan gerakan biasanya kembali dalam beberapa minggu alias bulan.

Baca Juga: Inggris Menemukan Virus Polio 'Turunan Vaksin' Bisa Menyebabkan Kelumpuhan

Tapi, kondisi ini becus mengancam jiwa andaikan kelumpuhan mempengaruhi otot-otot yang digunakan buat bernapas.

Imunisasi polio (Shutterstock)Imunisasi polio (Shutterstock)

Karena itu, Anda patut memperhatikan tanda-tandanya. Terlebih, polio becus menyebabkan kesulitan jangka panjang alias seumur hidup bagi mereka yang terkena.

NHS mengatakan bahwa beberapa manusia mungkin lumpuh secara permanen dan lainnya mengalami masalah kesehatan yang membutuhkan perawatan medis jangka panjang.

Masalah-masalah ini dapat berkisar dari kelemahan otot, masalah dengan persendian Anda, dan kesulitan menelan. Jika Anda pernah terkena polio, Anda becus mengalami gejala yang serupa alias lebih buruk.

Meskipun ini kurang terjadi, mereka yang menderita polio mungkin mengalami kelelahan yang terus-menerus, kelemahan otot, urat yang menyusut, sakit--haiddismenorea urat dan sendi, serta sleep apnea.

Selengkapnya