Widy Vierra Anggap Pelecehan Seksual yang Ia Alami sebagai Aib, Cinta Laura: This Needs to Stop!

Widy Vierra Anggap Pelecehan Seksual yang Ia Alami sebagai Aib, Cinta Laura: This Needs to Stop!

Sedang Trending 3 bulan yang lalu 17

Fresh.suara.com - Cinta Laura sedang selesai sorotan netizen setelah menongol di kegiatan podcast Close the Door yang dipandu Deddy Corbuzier. Di podcast tersebut, Cinta Laura ada bersama Widy Sudiro Nichlany alias yang pula dikenal dengan identitas Widy Vierra. 

Pada kesempatan tersebut, Widy sempat menceritakan perihal insiden mengerikan di masa lalu. Kala itu, Widy sempat selesai target pelecehan seksual di kawasan Jakarta Selatan. 

Widy menceritakan berantai dirinya diculik usai pulang dari sebuah tempat nongkrong. Beruntung bagi Widy, para pelaku penculikan mengenali bahwa dirinya ialah vokalis band Vierra, sehingga diturunkan di sebuah tempat tanpa sempat mengalami pelecehan lebih jauh.

Widy sempat menangis lantaran terlalu trauma mengingat masa lampau yang mengerikan tersebut. Cinta Laura bahkan tiba memeluk Widy dan menenangkannya.

Kemudian, tetap dalam podcast itu, Cinta Laura mengaku terkejut lantaran Widy seperti bahwa apa yang terjadi pada dirinya merupakan aib. Sebab menurut Cinta, keadaan jelek yang terjadi pada seseorang tak selalu lantaran salah manusia tersebut.

“Tadi Widi bilang ‘karena sekarang saya setelah semakin dewasa saya seperti apa yang terjadi kepadaku ialah aib’. Sumpah.. kok becus ya masyarakat kita mengajarkan mayoritas dari penduduk negara ini buat seperti andaikan ada sesuatu yang tak setara terjadi kepada mereka itu salah mereka,” keluh Cinta.

Kemudian, usai hadiri podcast Deddy Corbuzier, Cinta membikin postingan berisi penggalan wawancaranya dengan Deddy. Pada bagian caption, Cinta Laura menjabarkan kritiknya pada segelintir masyarakat yang tetap cenderung membiarkan para pelaku pelecehan seksual. 

“This needs to STOP. Apa sih yang membikin pikiran masyarakat tiba ke bercak ini? Kenapa kita lanjut membiarkan pelaku terlepas tanpa balasan dan pengetahuan bahwa yang dilakukan SALAH?! Struktur kebiasaan dan kultural apakah yang membikin target patut menanggung rasa sakit dan malu atas apa yang terjadi pada mereka?” ujarnya.

Menurut Cinta Laura, hal-hal seperti ini tak akan pernah terselesaikan andaikan tak ada cita-cita serius dari pihak berwenang buat menggodok konsep pelecehan dan mau mendengar para korbannya.

“Ini masalah kita semua, terlepas dari pendidikan, lingkungan dan status ekonomi. Masalah sistemis, yang jujur, akan lanjut memperlambat perkembangan negara inj menuju demokrasi yang sesungguhnya. Dengan kompas adab yang bejat dan langkah berfikir yang bias, beberapa tahun kedepan sangat krusial buat kita seluruh menyuarakan gosip ini agar masyarakat dan pihak-pihak yang berkuasa sadar bahwa pengetahuan dan pelatihan yang serius mengenai gosip ini sangat penting. Hukum yang ada akan berat diimplementasikan andaikan langkah berpikir pihak yang berwenang pun tetap terbelakang. Keputusan yang adil tak mungkin becus dibuat andaikan seluruh pihak belum sepenuhnya mengerti konsep pelecehan dan dampaknya terhadap target dan masa depan bangsa ini,” tutupnya.

Selengkapnya