Yayasan Erick Thohir Akan Bangun Masjid Buya Syafii Maarif

Sedang Trending 7 bulan yang lalu 23

Rencana bangun Masjid Buya Syafii Maarif tercetus masa Erick ziarah ke makam almarhum

pandudita.com JAKARTA –  Menteri BUMN Erick Thohir memastikan, Yayasan Erick Thohir akan membangun Masjid Buya Syafii Maarif di kompleks pemakaman mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Syafii Maarif, itu. 

Erick Thohir memberi kepastian itu masa berziarah ke makam Buya Syafii Maarif di sela-sela kunjungannya ke Yogyakarta, Rabu 22 Juni 2022.

"Bahwa ada rencana pembangunan masjid, Masjid Buya Syafii Maarif, yang Insya Allah nanti, mungkin nanti, Yayasan Erick Thohir saja yang membantu bangun. Alhamdulilah," kata Erick Thohir dalam film yang diunggahnya di akun Instagram formalsah @erickthohir pada Rabu (22/6/2022). 

Ini sebagai bentuk luapan sebutan terima kasih Erick Thohir kepada Buya Syafii Maarif yang selama hidupnya mewakafkan hidupnya buat kemajuan nusa dan bangsa lalu pemikiran-pemikiran yang dituangkan dalam tulisan-tulisannya di Koran Republika.  

"Buya mengajarkan kita agar mempunyai alam berpikir yang luas, dalam mengurai persoalan-persoalan keumatan dan kebangsaan," kata Erick Thohir. 

Erick Thohir mengaku menjadi manusia yang beruntung dikarnakan selama hidup, Buya Ahmad Syafii Maarif mewakafkan dirinya buat Harian Umum Republika dengan menyumbang pikiran-pikiran besar buat bangsa dan negara. 

"Saya beruntung, semasa hidupnya Buya memberikan perhatian besar pada literasi. Beliau pula istiqamah mewakafkan pikirannya buat suratkabar Republika sejak saya menjabat sebagai Direktur Utama," kata Erick Thohir lebih lanjut. 

Dalam film yang dibagikannya, Erick Thohir tampak khusuk memohon kepada tuhan di depan makam Buya Syafii Maarif didampingi beberapa manusia lain. Dia pula menaburkan kembang di atas makam Buya Syafii Maarif yang selama hidupnya pula memperjuangkan kemajemukan di Indonesia. 

"Tentu kita kehilangan guru besar, kiai, ulama karismatik, cendikiawan besar Republik Indonesia, Buya Syaffi Maarif yang kebetulan saya pula mengenal beliau sejak 2004. Ketika itu saya dipercaya Dirut Koran Republika. Alhamdulillah tiba sekarang tetap terjaga," jelas Erick Thohir tentang hubungannya dengan Buya Syafii Maarif. 

Erick Thohir menjelaskan, "Tulisan beliau yang pertama, judulnya 'Bangkit Secara Otentik'. Artinya tentu bagaimana kita menjadi sebuah bangsa enggak menjadi bangsa yang lain. Di mana kita patut menjadi bangsa yang maju, modern, tapi tentu fondasi kebudayaannya tak becus berubah."     

Selengkapnya